Cara Unik Kawula Muda Kuningan Mengekspresikan Karya Melalui Musik Eksperimental

Wartakuningan.com – Kolektif Tulisan dan Gambar (Tudgam) & Mesmo berkolaborasi menyelenggarakan kegiatan “Musik Kisum” yang dipusatkan di Gedung Kesenian Raksawacana Kabupaten Kuningan, Sabtu (20/08/2022). Kegiatan tersebut merupakan kali kedua yang diadakan di Kuningan sebagai langkah awal dalam meningkatkan kualitas dan variasi genre musik kegemaran semua kalangan.

Kegiatan unik tersebut mengambil tema “Irama Komedi Putar”, dihadiri puluhan penonton  yang berasal dari berbagai wilayah Kuningan dan Cirebon.

Musik kisum bertujuan memberikan muatan informasi musik lintas media. Selain itu, juga sebagai wadah kawula muda sebagai gambaran ekspresi melalui karya musik. Dengan demikian, kreativitas kawula muda Kuningan menjadi lebih variatif  dan terus tumbuh tanpa adanya keterbatasan ruang ataupun wadah yang ideal secara umum.

Musik ekperimental awal mulanya berkembang pada era 1960an bersamaan dengan gerakan anti perang di dunia. Namun di Indonesia, musik ekperimental masih belum mendapat tempat di masyarakat. Bisa disebut, ide musik yang terwujud dalam suatu karya cipta tidak terbatas dan selesai hanya ditampilkan diatas panggung. Media apapun bisa menjadi ajang penampilan musik eksperimental.

Jiwa musik eksperimental mengusung setiap unsur realitas bunyi-bunyian dari alam semesta dan mengeksplorasi fenomena bunyi menjadi suatu suara yang unik. Umpamanya realitas bunyi di dalam gedung. Bunyi alat properti bisa menjadi inspirasi suatu karya musik eksperimental. Musik ekperimental memang spontan, bebas berkespresi, dan bebas bereksplorasi serta interpretasi.

“Irama komedi putar, kami angkat dengan berkolaborasi bersama beberapa musisi lokal. Puncaknya menyajikan musik dengan gesekan dan alunan berirama dibubuhi gambar bergerak” kata Pras dalam rilis resminya, Sabtu (20/08/2022).