Cegah Penyebaran Corona, Wakil Bupati Kuningan Sambangi Perantau

Kamis, 09 April 2020

LURAGUNG,- Dalam mencegah penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Kuningan terus berusaha melakukan berbagai upaya penangulangan secara maksimal, salah satunya dengan menyampaikan informasi dan edukasi kepada masyarakat terkait virus tersebut.

Seperti yang dilakukan Wakil Bupati Kuningan, H.M Ridho Suganda, SH., M.Si, Kamis (09/04/2020) bersama Kasdim Kodim 0615/Kuningan, Camat Luragung beserta jajaran Forum Kooordinasi Kecamatan, tenaga kesehatan, dan Kepala Desa Sindangsari Kecamatan Luragung, menyambagi salah satu warga setempat yang diketahui belum lama ini datang dari kota perantauan.

Wabup M. Ridho Suganda

Kunjungan tersebut dilakukan Wakil Bupati, disela-sela Monitoring Posko Siaga Covid-19 di kecamatan setempat.

Kepada warga yang didatangi, Wabup menyampaikan untuk mematuhi protokol kesehatan dan anjuran pemerintah terkait isolasi mandiri bagi warga perantau. Karena warga perantau, dikatakan Wakil Bupati, secara otomatis masuk dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP).

“Perlu saya sampaikan, bahwa warga perantau bukan penyebar virus. Adapun masuk dalam kategori ODP, itu untuk memastikan bahwa warga perantau sehat dan terbebas dari Covid-19. Dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk diam dirumah dulu selam 14 hari, untuk memastikan bebas tidaknya dari Corona,” kata Wabup.

Adapun bagi warga perantau yang merasakan gejala-gejala mirip Corona, Wabup meminta untuk segera menghubungi tenaga medis setempat. “Jika ada gejala-gejala seperti, flu, batuk kering, demam, dan sesak nafas, segera hubungi tenaga medis. Biar tim medis dari Puskesmas yang datang langsung ke rumah bapak dan ibu, jangan bapak dan ibu yang datang langsung ke Puskesmas,” imbuhnya.

Kepada Camat dan Kepala Desa, Wakil Bupati juga meminta untuk aktif memantau kesehatan warganya demi memastikan wilayahnya bebas dari penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

“Kepada seluruh masyarakat saya menghimbau, bila tidak ada keperluan yang mendesak untuk tetap di rumah, pakai masker bila mau keluar rumah, jangan berkerumun, jaga jarak aman dengan orang lain, rajin cuci tangan dan mandi, makan makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup agar kita semua sehat dan bebas dari Virus Corona,” pungkasnya. (Bid IKP/Diskominfo)

Sumber : https://www.kuningankab.go.id/berita/cegah-penyebaran-corona-wakil-bupati-kuningan-sambangi-perantau

%d blogger menyukai ini: