Pemerintah Beri Peringatan Penyebaran Virus Corona Semakin Meluas

Kumparan 18 April 2020 18:35

Masyarakat diminta taat pada instruksi pemerintah selama masa pandemi corona. Memakai masker bila keluar rumah dan jangan lupa cuci tangan dengan sabun.

Imbauan ini berkali-kali disampaikan jubir Percepatan Penanganan Corona Achmad Yurianto. Dia juga berpesan agar masyarakat mengkonsumsi makanan yang bergizi.

“Penambahan kasus yang begitu cepat dari waktu ke waktu, kemudian penyebaran semakin luas dari desa dan kecamatan berbagai kabupaten,” kata Yuri dalam jumpa pers di BNPB, Jakarta, Sabtu (18/4).

Yuri juga menjelaskan, sejumlah daerah akhirnya mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Kemenkes sudah memberi persetujuan.

“Sudah jelas ada penularan lokal dari satu orang ke orang lain. Kemudian daerah itu perlu secara kuat lakukan PSBB maka sudah ada beberapa daerah yang diputuskan bisa lakukan PSBB,” urai dia.

Kawasan Jabodetabek sudah berlaku PSBB kemudian Provinsi Sumbar, Bandung Raya, Tegal, Pekanbaru, dan lainnya.

TNI dan Polri Buka 11 dapur umum di Jawa Tengah untuk masyarakat yang terdampak corona. Foto: Afiati Tsalitsati/kumparan

“Yang dimunculkan dari pengesahan PSBB kita bisa lihat bagaiman sebaran bisa dikurangi dan dikendalikan seminggu dua minggu yang akan datang. Ini menjadi ukuran untuk kita gunakan,” tegas dia.

Yuri juga mengungkapkan, pemerintah menjamin perawatan kesehatan untuk pasien positif corona. Anggaran negara Rp 400 trilun sudah disiapkan.

Ini bukan pekerjaan kecil, ini bukan pekerjaan yang bisa dilakukan main-main. Mari kita sama mematuhi displin bersama-sama memenuhi imbauan pemerintah. Ini yang bisa dilakukan sebagai kontribusi langsung di dalam penanganan COVID-19 — Achmad Yurianto

Sebelumnya pemerintah Indonesia memperbarui jumlah pasien positif terjangkit virus corona. Per Sabtu (18/4), kasus corona sudah tembus 6.248 orang.

Pemeriksaan spesimen sudah mencapai 45.000 spesimen.

“Kasus positif kini sudah mencapai 6.248 orang,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dalam jumpa pers di Gedung BNPB, Sabtu (18/4).

Angka ini diambil melalui metode pemeriksaan PCR (swab dahak) yang dikombinasikan dengan rapid test untuk screening awal.

***

Sumber : https://m.kumparan.com/kumparannews/pemerintah-beri-peringatan-penyebaran-virus-corona-semakin-meluas-1tFQgUOU67t

%d blogger menyukai ini: