Tumbang, RSUA Stop Layani Pasien Covid-19

SURABAYA – Rumah Sakit Universitas Airlanga (RSUA) Surabaya merupakan rumah sakit pertama di Jawa Timur yang memberhentikan sementara melayani pasien rujukan Covid-19.

Bukan hanya Rumah Sakit yang berhenti menerima pasien rujukan, namun Laboratorium Institute Of Tropical Desease (ITD) yang merupakan laboratorium pemeriksaan sampel dari pasien Covid-19 pun memberhentikan pelayanan pemeriksaan untuk sampel baru.

UGD RSUA Surabaya Sudah Tidak Mampu Menangani Pasien COVID19

Hal ini merupakan kutipan dari video CNN Indonesia yang tayang Kamis 28 Mei 2020.

Berikut beberapa hal yang bisa di peroleh dari video tersebut. Penutupan RSUA Surabaya merupakan pukulan berat terhadap penanganan Covid-19, di saat yang sama 20 Rumah Sakit Rujukan lain nya kewalahan menerima pasien termasuk RSUD Dr. Soetomo sebagai Rumah Sakit rujukan utama telah overload.

Peta Sebaran Kasus Positif Covid-19 Jawa Timur ada di Urutan ke-2 Setalah Jakarta

Kabar overload beberapa rumah sakit ini sungguh menjadi PR pemerintah daerah, karena di saat yang sama lonjakan kasus positif covid 19 di Jawa Timur terus meningkat sampai menduduki peringkat 2 di bawah DKI Jakarta. Data 26 Mei 2020 lebih dari 3.000 pasien positif Covid-19, ada 1328 pasien di rawat di rumah karena ruang isolasi rumah sakit rujukan sudah tidak memadai.

%d blogger menyukai ini: