Universitas Kuningan Datangkan Rusa Totol Dalam Upaya Penangkaran

Warta Kuningan.Com, Kuningan – Upaya penangkaran rusa totol (Axis axis) oleh Universitas Kuningan yang di datangkan melalui pengajuan kepada Dinas Kehutanan Kabupaten Kuningan dan permohonan kepada Badan Pengelola Aset dan Keuangan Daerah Kabupaten Kuningan untuk menjadi sarana penelitian dan pembelajaran bagi mahasiswa dan masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Upaya mendatangkan rusa totol (Axis axis) ini sudah kita lakukan sejak bulan Desember tahun 2019 lalu dengan mengajukan surat permohonan kepada Dinas Kehutanan dan Badan Pengelola Aset dan Keuangan Daerah Kabupaten Kuningan”, ungkap Ilham Adhya, S.Hut., M.Si. Wakil Rektor III Universitas Kuningan saat diwawancarai tadi.

Rusa totol (Axis axis) merupakan spesies rusa yang berasal dari India dan Sri Langka. Spesies ini pertama kali di deskripsikan oleh naturalis Jerman Johann Christian Polycarp Erxleben pada tahun 1777. (Wikipedia).

Bobot rusa totol dewasa bisa mencapai berat antara 50-70 kg untuk rusa jantan dan 40-50 kg untuk rusa betina dan mempunyai tinggi tubuh sekitar 90-100 cm. Rusa jantan memiliki tanduk yang bercabang hingga mencapai 75 cm tingginya.

“Kami harap dengan datang nya rusa totol (Axis axis) ini dapat menjadi sarana edukasi bagi mahasiswa dan masyarakat terhadap hewan herbivora satu ini dan juga dalam upaya penangkaran satwa yang sudah lama menjadi icon Istana Bogor ini”, pungkasnya.

Menarik ternyata kedatangan dua ekor rusa ini tidak sengaja bertepatan dengan Diesnatalies Univrsitas Kuningan ke 17 tahun pada 6 Juni lalu. Kedua rusa tersebut dinamai “Setepen (jantan)” dan “Setepi (betina)”. Pemberian nama kedua rusa tersebut sebagai ciri khas nya orang Sunda karena memakai huruf “P” dalam penamaan nya. (Yusup)

%d blogger menyukai ini: